Program KONASARA Sektor Pariwisata Sukses Terlaksana, Kunjungan Wisatawan 2024 Ini Capai 33.998 Orang

Indosultra.com, Konawe Utara – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengonfirmasi bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi di daerah ini terus mengalami peningkatan signifikan sepanjang tahun 2024.

Hal ini menunjukkan daya tarik yang semakin kuat dari potensi wisata yang dimiliki Konut, di mana seluruh sarana prasarana dikembangkan melalui program brilian KONASARA.

Dari informasi yang dihimpun awak media, peningkatan itu terus bertambah setiap tahunnya. Jumlah wisatawan yang datang berkunjung di Kabupaten Konut mengalami kenaikan.

Data yang diperoleh dari Dispar Konut ,sepanjang Tahun 2024 total jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara yang telah berkunjung berjumlah 33.998 orang dan Tahun 2023 tercatat 33.883 orang dan masih akan terus naik menuju tren positif.

“Jadi jumlah kunjungan wisatawan di Konawe Utara dari tahun ke tahun memang cenderung naik,” kata Riyas Aritman, Rabu (16/10/2024) kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Konut, Ir. Riyas Aritman menyampaikan adapun destinasi wisata yang paling diminati para wisatawan untuk berkunjung diantaranya, Pantai Taipa, Permadian air Panas Wawolesea, dan Pulau Labengki.

“Wisata yang paling diminati yaitu Pantai Taipa, Permandian Wawolesea, dan sama Wisata Labengki, “ujarnya.

Ia juga menambahkan pihaknya akan terus mendorong dan mendukung dengan sejumlah program untuk pengembangan pariwisata yang ada di Konut.

Konut menawarkan beragam destinasi menarik, mulai dari keindahan alam hingga budaya lokal. Destinasi seperti pantai, pegunungan, dan situs sejarah semakin ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Tentu ini menjadi energi positif untuk kami di Konawe Utara untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,”tambahnya.

Dengan tren positif ini, Dispar Konut optimis bahwa di tahun 2024 akan menjadi titik balik bagi sektor pariwisata daerah begitu pun Tahun 2025 mendatang. Peningkatan jumlah kunjungan tidak hanya berdampak pada perekonomian lokal, tetapi juga pada pelestarian budaya dan lingkungan.

“Kami terus berupaya mempromosikan keindahan alam dan budaya Konawe Utara untuk menarik lebih banyak wisatawan,” tutupnya.

Untuk diketahui peningkatan kunjungan, tak lepas dari peran pemerintah daerah kabupaten Konut dalam berinvestasi mengembangkan infrastruktur. Jalan akses menuju destinasi wisata diperbaiki, dan fasilitas pendukung seperti penginapan serta tempat makan ditingkatkan.

Salah satu kunci sukses peningkatan kunjungan wisata adalah dukungan dari masyarakat lokal. Dispar Konut aktif mengajak warga untuk berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata, termasuk dalam hal penyediaan layanan dan promosi.***(IS/B/IS)

Laporan : Ramadhan

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!