Dalam Rangka HPS ke-44, Pj Gubernur Sultra Resmi Membuka GPM Yang Dilaksanakan di 17 Kabupaten-Kota

Indosultra.com,Kendari – Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia (HPS) ke-44, Pejabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto secara resmi membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan serentak di 17 kabupaten/kota, di Wilaya Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra, Ari Sismanto, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menstabilkan harga pangan ini dipusatkan di Pelataran Kantor Camat Poasia, Kota Kendari.

“GPM yang mengusung tema Pangan Kuat dan Indonesia Berdaulat serta subtema Right Foods for a Better Life and a Better Future ini akan berlangsung selama dua hari, 16 hingga 17 Oktober 2024,” ujarnya, Rabu (16/10/2024).

Kata Ari, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup serta stabilisasi harga yang terjangkau bagi seluruh masyarakat.

“Peringatan Hari Pangan Sedunia ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ketahanan pangan,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa GPM di Sultra telah dilaksanakan sebanyak 267 kali, termasuk di seluruh kabupaten/kota, dengan kios-kios pangan yang berperan dalam menjaga stabilitas harga komoditas pokok.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengapresiasi penyelenggaraan GPM ini dan menekankan pentingnya koordinasi antar lembaga terkait dalam menjaga inflasi tetap terkendali di angka 1,06 persen.

Ia juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menghadapi tantangan ketahanan pangan di tengah musim kemarau yang melanda.

“Kita harus bekerja sepenuh hati untuk rakyat Sulawesi Tenggara dalam menjaga kestabilan pangan dan mengendalikan inflasi, khususnya di daerah yang mengalami kemiskinan ekstrem,” tegasnya.

Setelah pembukaan, Pj Gubernur bersama rombongan meninjau stan-stan GPM yang menjual kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, serta berkomunikasi dengan kabupaten/kota lain secara virtual guna memastikan kelancaran pelaksanaan GPM di seluruh wilayah Sultra.

 

Laporan: Krismawan

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!