Wisata Labengki Masuk 50 Besar ADWI 2024, Kadispar Konut Semakin Komitmen Kembangan Wisata Konut

Indosultra.com, Konawe Utara – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi destinasi wisata Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra). Dinas Pariwisata (Dispar) Konut semakin komitmen kembangkan wisata berkelanjutan.

Dalam kunjungan itu, Mentri Pariwisata disambut hangat oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Sultra dan Jajaran, Pjs Bupati Konut, Forkopimda Konut, Wakapolres Konut, Dandim 1430 Konut, Kabinda Konut, Kepala Pos Sar Konut, Kadispar Konut, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Labengki, Camat, kepala desa labengki serta organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Kadispar Konut, Ir. Rias Aritman mengatakan kedatangan tersebut merupakan bagian dari menyelesaikan sekaligus menutup rangkaian terakhir dari visitasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Desa Wisata Labengki yang berada di Lasolo Kepulauan, Konut, Sultra, pada Jumat (11/10/2024).

“Kunjungan visitasi beliau merupakan suatu rangkaian yang sebelumnya dilaksanakan penjurian oleh tim juri anugrah desa wisata sehari sebelum kunjungan pak mentri,” Kata Ir. Rias Aritman, saat ditemui, Selasa (15/10/2024) siang.

Lebih lanjut, Ir. Rias Aritman menyampaikan dari kunjungan itu Dispar Konut akan semakin gencar melakukan pengembangan destinasi wisata di wilayah Konut salah satunya wisata Lebengki.

Apalagi ungkap Rias, wisata Labengki telah masuk peringkat 50 besar 6016 desa wisata terbaik tahun 2024. Rencana pengembangan akan melibatkan masyarakat setempat untuk memastikan bahwa manfaat dari pariwisata dapat dirasakan secara merata.

“Dengan predikat desa wisata Labengki ini yang sudah masuk 50 besar dari 6016 desa wisata tahun 2024, maka tentu pengelolaan dan pengembangan nya akan terus berkelanjutan,”ujar Ir. Rias Aritman.

“Untuk proses pengembangan Labengki kami dari Pemda, Dinas Pariwisata terus berkomitmen membangun dan mengembangkan, memajukan potensi, yang ada di Labengki,”tambahnya.

Sementara itu, Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno beberapa waktu lalu menyampaikan selamat atas terpilihnya Desa Wisata Labengki menjadi desa wisata unggulan dari 19 desa wisata yang ada di Konawe Utara.

“Ini adalah desa wisata terakhir dari visitasi ADWI. Selamat kepada Desa Wisata Labengki yang terpilih menjadi desa wisata unggulan dari 19 desa wisata yang ada di Konawe Utara,” kata Menparekraf Sandiaga usai melakukan visitasi ADWI 2024 di Konut, Sultra, Jumat (11/10/2024) lalu.

Untuk diketahui pada bulan Mei 2024 tiga desa wisata di Kabupaten Konut sebelumnya berhasil masuk 500 besar  ADWI tahun 2024 yang digelar Kemenparekraf RI.

Ketiganya masuk 500 besar dari 6.016 desa wisata seluruh Indonesia yang berkompetisi di ajang bergengsi ADWI 2024.

Ketiga desa tersebut, yakni Desa Wisata Sambandate, Desa Wisata Tanjung Taipa, dan Desa Wisata Labengki.

Laporan : Ramadhan

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!