Program Pelatihan Kerja Nakertrans Konut 2024 Siap Mendorong Kemandirian Ekonomi Lokal

Indosultra.com, Konawe Utara, – Dalam upaya meningkatkan kemandirian ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) aktif meluncurkan program pelatihan kerja terintegrasi di tahun 2024.

Program ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi masyarakat, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin dinamis.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK), Nakertrans Konut, Sahrun mengatakan program pelatihan kerja Nakertrans Konut 2024 baru saja terlaksana terdiri dari lima paket pelatihan kerja. Yaitu 2 kelas pelatihan Las, 2 kelas pelatihan Menjahit, dan 1 kelas pelatihan Tata Rias.

“Untuk kegiatan kemarin di tahun 2024, kami BLK Konawe utara diberikan kegiatan pelatihan dari provinsi/APBN, selabanyak 5 paket, yaitu 2 kelas las, 2 kelas menjahit, dan 1 kelas tata rias, pesertanya semua dari masyarakat konawe utara,
yanh sebagian besar itu siap kerja,”kata Sahrun saat ditemui di ruangannya, pada Rabu (8//10/2024).

Lebih lanjut Sahrun, menyampaikan kegiatan itu telah sukses digelar yang dimulai dari bulan awal bulan Agustus hingga 5 Oktober 2024.

“Kegiatannya mulai awal Agustus kita laksanakan sampai tanggal 5 Oktober , sekarang sudah selesai, Alhamdulillah sukses pelaksanaan kegiatannya,” Lanjutnya.

Adapun jumlah para peserta disetiap kelas terdiri dari 16 orang. Usai mengikuti kegiatan pelatihan, para peserta mendapatkan sertifikat. Kemudian selanjutnya akan diuji kompetensi oleh asesor kompetensi BLK Kendari.

“Setelah mengikuti kegiatan pelatihan kurang lebih menjahit 1 bulan, meng las hampir 1 bulan juga, mereka diberikan sertifikat setelah itu mereka diuji kompetensi lagi, uji kompetensi ini tidak semua nya yang lulus, tergantung dari penilaian asesor BLK Kendari, “tambah Sahrun.

Sahrun berharap setelah kegiatan pelatihan itu para peserta bisa mendapat pekerjaan yang diinginkan sesuai keahlian yang telah dipelajari. Kemudian ia juga meminta pihak Pemerintah Daerah untuk membantu menambah fasilitas pengadaan komputer, sebab dianggap alat tersebut juga sangat dibutuhkan guna menunjang pelatihan kerja nantinya.

” Kami dari BLK Konawe utara, berharap Mudah-mudahan pihak perusahaan atau pihak manapun bisa menerima mereka di bidang pekerjaan yang dibutuhkan, itu harapan kami,”harapnya.

“Kami juga berharap pihak pemerintah terkait bisa membantu untuk pengadaan komputer, dalam program pelatihan selanjutnya,”tutupnya.

Untuk diketahui program pelatihan kerja Nakertrans Konut 2024 adalah langkah strategis untuk mendorong kemandirian ekonomi lokal.

Dengan meningkatkan keterampilan dan membuka peluang kerja, Nakertrans Konut berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Konawe Utara. Mari bergabung dalam program ini dan wujudkan potensi diri untuk menghadapi era kerja yang baru!.***(IS/B)

Laporan : Ramadhan

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!