KPU Konut Sambut Meriah Kirab Pilkada 2024 KPU Kabupaten Konawe

Indosultra.com, Konawe Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyambut meriah Kirab Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari KPU Kabupaten Konawe, yang digelar sebagai bagian dari rangkaian upacara demokrasi nasional Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Pilkada Serentak Tahun 2024.

Ketua KPU Kabupaten Konut, Abdul Makmur mengatakan Kirab Pemilu adalah bentuk sosialisasi Pilkada yang luncurkan oleh KPU Sultra, melalui surat edaran KPU Provinsi. Dimana kirab yang dilakukan menjangkau seluruh wilayah Kabupaten di Provinsi Sultra.

Dan untuk wilayah Konut Kirab yang rutenya dimulai dari Kolaka Timur, Konawe dan Konut yang ditandai dengan penyerahan bendera Pasukan Tanda Kehormatan (Pataka) Pilkada.

“Pataka Kirab akan dikembalikan ke KPU Sultra di Puncak Konsolidasi Daerah, ditanggal 12 Oktober tahun 2024,di KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, ” jelas Abdul Makmur, saat ditemui dilokasi acara pada Rabu (9/10/2024).

Lebih lanjut Abdul Makmur mengatakan dalam kegiatan itu dihadiri rombongan pengantar Pataka Pilkada dari KPU Kabupaten Konawe beserta jajarannya, dan diterima langsung KPU Konut beserta seluruh pimpinan partai politik pasangan calon pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Forkopimda dan seluruh jajaran.

“Harapan kami dengan adanya kirab Pilkada ini, semoga masyarakat semakin ter sosialisasi mengenai penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 dan masyarakat bisa berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya dan menjaga kondusifitas wilayah konawe utara untuk mewujudkan Pilkada di Kabupaten konawe utara yang aman, damai dan tetap menjaga partisipasi masyarakat yang tinggi pada pemilihan calon bupati dan wakil bupati tahun 2024,”harap Abdul Makmur.

Sementara itu, Perwakilan KPU Kabupaten Konawe melalui Kordiv Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Konawe, Ramdan berharap dari Kirab yang dilakukan bisa memberikan informasi yang benar tentang tahapan Pilkada agar nantinya masyarakat bisa mendapatkan edukasi kepemiluan dan bisa menyalurkan hak suaranya dan melahirkan pemimpin yang terbaik.

“Kami starnya dari Kantor KPU Konawe dari jam 9 pagi terus kami singgah dibeberapa titik untuk melakukan sosialisasi, di Pondidaha, sekitar PJR, kemudian kami lanjutkan di Sampara, pertigaan, ” ujar Ramdan.

Ramdan menambahkan dalam sosialisasi itu, ia mengingatkan kepada masyarakat terkait hari pemungutan suara pada tanggal 27 November 2024 serta memastikan masyarakat sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

“Kami juga memberikan akses informasi kepada masyarakat terkait pasangan calon yang sampai saat sedang berkompetisi sehingga masyarakat bisa mengenali calon pemimpin-pemimpnya, ” Tutupnya.**(IS/B)

Laporan : Ramadhan

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!