Kerahkan Ratusan Tim, Dinkes Konut Berikan Layanan Kesehatan Gratis Untuk Mendukung Tugas KPPS

Indosultra.com, Konawe Utara – Dinas Kesehatan Konawe Utara (Konut), Sulawesi Temggara (Sultra) mengambil langkah penting dalam mendukung tugas Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan menyediakan layanan kesehatan gratis.

Program ini bertujuan untuk memastikan kesehatan dan kebugaran para petugas yang bertugas dalam pemilihan umum pada 27 November 2024, agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan optimal.

Kepala Dinas Kesehatan Konut Nurjannah Effendi menyampaikan bahwa hal tersebut sejalan dengan diterbitkannya undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum pasal 434 secara tegas mengamanatkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas untuk kelancaran dan sukses penyelenggaraan Pemilu.

“Kita ketahui bahwa pasal 434 undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 diu menyatakan undang-undang tersebut yaitu tentang pemilian umum Pemda wajib memberikan bantuan dan memfasilitasi kelancaran dan suksesnya pemilihan Bupati, Gubernur seluruh Indonesia dengan undang-undang tersebut maka keluarlah surat edaran Menteri Kesehatan HK 0201/Mkes/133/2024 tentang dukungan pelaksanaan kesehatan pada pemilihan umum kepala daerah bupati dan gubernur tahun 2024,”kata Nurjannah Efendi, (28/9/2024).

Nurjannah Efendi melanjutkan melalui Dinas kesehatan, kabupaten, provinsi perlu memberi dukungan terwujudnya pemberian dukungan untuk pelayanan kesehatan demi suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2024 dengan itu KPU Sesuai dengan surat KPU/744/PP 042-SD/7409/4 2023 kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati meminta memfasilitasi pemeriksaan kesehatan.

“Maka untuk para calon KPPS yang telah mendaftar itu di gratiskan pemeriksaan kesehatannya dari yang mendaftar untuk mengisi masing-masing desa sebanyak 7 orang, maka dinas kesehatan dan Puskesmas menyiapkan untuk pemeriksaan gula darah kolesterol dan asam urat kurang lebih 2.200 yang kami siapkan untuk kebutuhannya dari semua itu yang nantinya akan mereka isi kuota masing-masing desa 7 orang itu sebanyak 1.280, jadi saat ini kami siapkan kurang lebih 2000 lebih Insyaallah itu sudah dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan masing-masing Desa, “ungkap Nurjannah Efendi.

Nurjannah Effendi juga mengatakan pada pemilihan bupati dan Gubernur yang akan dilaksanakan serentak nanti dimungkinkan para petugas KPPS/PPS maupun PPK harus menjaga stamina.

Oleh karena itu pihaknya juga telah memfasilitasi vitamin tubuh untuk para petugas yang datang ke Puskesmas memeriksakan kesehatannya.

“Kami sudah memfasilitasi untuk pemberian vitamin kepada teman-teman yang petugas tadi yang kami sampaikan, “ujarnya.

Ia juga berharap di perhelatan Pilkada yang sedang dan akan berlangsung pada 27 November mendatang tidak ada petugas KPPS yang mengalami gangguan kesehatan agar pelaksanaan pilkada di Konut berjalan dengan baik.

“Kami Dinas Kesehatan mengharapkan untuk penyelenggaraan pemilihan serentak Bupati dan gubernur yang sementara berlangsung Nanti pada tanggal 27 November tahun 2024, Kami harapkan tidak ada petugas yang akan mengalami gangguan kesehatannya yang mengakibatkan proses dapat terganggu ataupun meninggal dunia, kami ketahui beban beban kerjanya penyelenggara itu memang sangat berat sekali, dengan adanya tenaga kesehatan di Puskesmas akan akan standby, “tambahnya.

Pihaknya juga akan menyebar staf-staf di tempat-tempat penyelenggaraan proses pemilihan Bupati dan Gubernur.

“Kalau jumlah tim medis kami Insyaallah kurang lebih dengan tenaga PNS maupun P3K dengan yang tenaga sukarela ya kurang lebih tersebar di 22 Puskesmas di 13 Kecamatan ya sekitar 1000 lebih lah. Insyaallah kami berupaya juga kalau ada hal-hal yang tidak dapat ditangani oleh Puskesmas maka pihak Puskesmas akan segera merujuk ke rumah sakit Kabupaten dan selanjutnya apa apabila tidak dapat di diberikan pelayanan di Rumah Sakit Kabupaten lagi memerlukan pelayanan rujukan lagi kami ya langsung memberikan rujukan ke Rumah Sakit Kendari,”pungkasnya.

Diketahui KPU Konut saat ini mempunyai 180 tempat pemungutan suara dengan kebutuhan masing-masing tempat pemungutan suara sebanyak 7 orang per TPS sehingga total 12.260 orang KPPS yang dibutuhkan dan ditambah dua tenaga linmas pemerintah Konut telah menyampaikan siap memfasilitasi linmasnya dan sudah disediakan seragamnya.**(IS/ADV/B)

Laporan : Ramadhan

Koran indosultraKoran indosultra