Bupati Abd. Azis Pimpin Apel Gabungan untuk Tingkatkan Profesionalisme ASN di Kolaka Timur

Indosultra.Com, Kolaka Timur – Bupati Kolaka Timur, Abd. Azis, SH, MH, memimpin apel gabungan di halaman Kantor Satpol PP Kolaka Timur pada Senin (23/09/2024). Acara ini dihadiri oleh Sekda Koltim, Andi Muh. Ikbal Tongasa, SSTP, M.Si, serta seluruh asisten, staf, kepala OPD, camat, direktur RSUD, lurah, dan pejabat eselon III dan IV. Apel ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan koordinasi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan.

Dalam sambutannya, Bupati Azis menekankan pentingnya netralitas bagi seluruh ASN. Ia meminta agar para pegawai tidak terlibat dalam politik praktis menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur. Menurutnya, peran ASN adalah melayani masyarakat, bukan berpihak pada salah satu calon.

“Mari kita jaga netralitas kita selaku ASN. Kepada masyarakat Koltim, mari bersama-sama sukseskan Pilkada dengan aman, damai, dan tentram. Kita inginkan pemimpin yang pro pada rakyat,” Ujar Bupati Azis.

Bupati Azis menegaskan, kedatangannya di Koltim bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan semata-mata untuk mengabdi kepada masyarakat. “Saya tidak memiliki keluarga satupun di Koltim. Kedatangan saya ini semata-mata untuk membangun daerah,” tambahnya.

Ia juga menekankan bahwa untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus mampu menjadi pengikut yang baik. “Jaga loyalitas dan jangan ikuti narasi politik identitas. Mari utamakan hubungan antar sesama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Azis mengajak semua untuk menjalin hubungan baik sesuai dengan ajaran agama. “Selama ini saya tidak pernah membedakan, semuanya sama. Saya tidak ingin ada diskriminasi,” ungkap Azis dengan tegas.

Mengenai pembangunan daerah, Bupati Azis menyampaikan bahwa berbagai program telah dilaksanakan dengan fokus utama pada masyarakat. “Dana transfer daerah dari pusat kita di tahun 2024 sebesar 750 miliar, dan di tahun 2025 menjadi 925 miliar. Ini harus kita pertahankan untuk masyarakat Koltim,” ujarnya, disambut tepuk tangan dari seluruh ASN yang hadir.

Dalam momen yang penuh haru, Bupati Azis berbaur dengan seluruh ASN dan non-ASN. Terlihat haru di wajahnya saat berinteraksi dengan pegawai yang telah mendukungnya selama menjabat. Ia akan cuti mulai 25 September 2024 untuk mengikuti Pilkada.

Bupati yang telah menjabat selama 2 tahun 1 bulan ini sebelumnya dilantik sebagai PLT Bupati pada 25 Agustus 2022 dan diangkat secara definitif pada 27 November 2023. Selama masa jabatannya, ia berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan dan pelayanan di Kolaka Timur.

Usai menyapa seluruh ASN, Bupati Azis mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang telah diberikan selama ini. Ia berharap sinergi yang terjalin dapat berlanjut meskipun ia akan cuti untuk mengikuti pilkada. “Saya berharap ASN tetap menjaga etika dan netralitas,” ujarnya.

Dengan demikian, diharapkan ASN Kolaka Timur dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan profesionalisme, serta tetap menjaga netralitas dalam menghadapi dinamika politik yang akan datang. Bupati Azis menutup sambutannya dengan harapan akan kolaborasi yang berkelanjutan untuk kemajuan daerah.

Laporan: Aarianto Daranga

Koran indosultraKoran indosultra