KPU Sultra Gelar Bimtek Terkait Tahapan Kampanye Dan Dana Kampanye

Indosultra.com, Kendari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bimbingan teknis, tahapan kampanye dan dana kampanye pada pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serentak di wilayah Sultra 2024

Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Sultra, Asril, melibatkan KPU Kabupaten Kota, dan LO Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah, yang digelar di salah satu Hotel Kendari, Selasa 17 September 2024.

“Dari KPU kabupaten Kota dalam hal ini divisi hukum, divisi teknis dan divisi parmas. Karena yang kita bicarakan adalah tahapan kampanye dana kampanye,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dalam Bimtek tersebut, dilibatkan dari masing-masing operator Paslon kepala daerah, dan operator dari Kabupaten Kota.

“Dalam hal ini adalah sistem informasi dana kampanye, karena ini kan menyangkut pelaporannya,” ujarnya.

Asril mengungkapkan, pada tanggal 24 nanti, bakal pasangan calon sudah harus menyerahkan rekening khusus dana kampanye (RKDK), kemudian sekaligus menyampaikan laporan awal dana kampanye

“Sehingga nanti pada saat tanggal 25 di masa kampanye sampai dengan tanggal 23 November itu, sudah tertuntaskan dalam hal penggunaan kampanye yang digunakan oleh bakal pasangan calon pada saat mereka berkampanye, yang kemudian juga itu sudah terekam dalam sistem informasi dana kampanye itu sendiri,” bebernya

Ia berharap, melalui bimtek tersebut anggota KPU yang berasal dari Kabupaten Kota menggelar kehiatan yang sama di daerahnya masing-masing.

“Kemudian untuk LO pasangan calon ini sudah harus dipahami secara tuntas. Kalau mereka belum pahami juga, di KPU Provinsi menyiapkan Helpdesk untuk datang langsung berinteraksi dengan KPU Provinsi,” imbuhnya.

Laporan: Krismawan

Koran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!