Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Arti Bela Negara, Dirjen Pothan Bersama Kesbangpol Gelar Sosialisasi

Indosultra.com,Kendari – Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Pothan) Kementerian Pertahanan RI bekerjasama dengan badan kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) Kota Kendari menggelar sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara.

Kegiatan sosialisasi ini guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat Kota Kendari tentang pentingnya bela negara dalam mempertahankan kedaulatan dan keutuhan negara.

Kegiatan ini menyasar pekerja di lingkup Pemkot Kendari, dan digelar disalah satu hotel di Kota Kendari, pada Jumat (2/7/2024).

Brigjen TNI G Eko Sunarto, Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan menjelaskan sosialisasi tersebut merupakan kegiatan pembinaan kesadaran bela negara dalam rangka menyebarluaskan nilai dasar bela negara.

Menurutnya bela negara tidak hanya tentang pegang senjata, sebab perang tidak selalu lewat senjata bisa saja lewat ekonomi dan ideologi.

“Perkembangan teknologi saat ini menjadi potensi ancaman yang membahayakan kedaulatan Negara, bentuk ancaman tidak lagi bersifat konvensional tetapi lebih bersifat non militer,” katanya

Di tempat yang sama, Pj Wali Kota Kendari Muh. Yusup mengatakan kegiatan ini menjadi penting dilakukan karena akan memberikan kesadaran terhadap warga utamanya bagi pekerja di lingkup Pemkot Kendari.

“Kita berharap para peserta yang hadir dapat menjadi memberi contoh aksi bela negara di lingkungannya,” kata Muh. Yusup Pj Wali Kota Kendari.

Kemenhan berharap para peserta yang hadir semakin sadar pentingnya peran serta masyarakat dalam bela negara dan siap berkontribusi dalam membangun pertahanan yang kuat demi keutuhan NKRI.

Laporan: Krismawan

Koran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!