Ratusan Rumah Warga di Andowia Konut Terdampak Banjir, Tim Basarnas, Kodim, Pemda, Polres, F-PRB Terus Lakukan Evakuasi

Indosultra.Com, Konawe Utara – Ratusan Warga di wilayah Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), terendam banjir

Yang terparah, banjir merendami ratusan rumah warga di wilayah Desa Laronanga, Kelurahan Andowia, dan Puuwonua.

Banjir terjadi akibat intensitas hujan tinggi turun mengguyur wilayah Kabupaten Konawe Utara disusul luapan sungai anggomate sehingga dengan cepat merendami rumah-rumah warga.

Kepala Basarnas Konut, Dedi Irawan mengungkapkan, ratusan rumah warga terendam banjir setinggi paha orang dewasa. Kondisi itu juga membuat banyak barang-barang warga terendam banjir, bahkan ada yang hanyut.

Disampaikan Irwan, tim Basarnas gabungan Kodim Konut, Pemda Konut, BPBD, Polres Konut, dan F-PRB Konut turun melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir.

“Kami menurunkan perahu karet untuk evakuasi warga. Sebab, kondisinya agak sulit karena air yang cukup tinggi sehingga harus gunakan perahu, terlebih ada anak-anak dan orang tua lansia,”ungkapnya kepada awak media, Selasa 30 Juli 2024.

Pantuan awak media di lokasi, masyarakat masih terlihat sibuk mengankan barang-barang berharga ditempat yang lebih aman.

Kondisi terkini juga arus lalulintas diwilayah tersebut terganggu akibat banjir juga merendami ruas jalan.

Lain dari itu, pasar sembako diwilayah Kecamatan Andowia tutup sementara akibat terendam banjir. Para pedagang bergerak cepat mengevakuasi barang-barang jualan ketempat yang lebih aman.

Hingga berita ini dinaikkan, dari Pemda Konut melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana masih terus melakukan pendataan rumah-rumah terdampak, serta kerugian warga lainnya.

Seperti diketahui, kondisi banjir yang kembali melanda beberapa wilayah di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), seperti di Kecamatan Andowia semakin naik.

Volume air akibat diguyur hujan deras semakin meningkat hingga membanjiri rumah-rumah warga, pasar sembako dan jalan umum.

Puluhan warga yang berada diwilayah Kelurahan Andowia, Desa Laronanga dan Labungga dan lainnya terjebak banjir yang mencapai setinggi paha orang dewasa.

Masyarakat yang dilanda banjir sangat khawatir, pasalnya banyak anak-anak kecil dan warga lanjut usia (lansia) terjebak banjir.

Siatuasi itu membuat tim Basarnas Konut dan Kodim Konut yang berada dilokasi bergerak cepat menurunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga.

Puluhan tim gabungan Basarnas dan Kodim Konut menyisir tempat-tempat yang terendam banjir mengevakuasi warga menggunakan perahu karet ketempat yang lebih aman.

Selain mengevakuasi warga, tim penanggulangan bencana juga membantu menyelamatkan barang-barang berharga milik masyarakat.***(IS/B)

Laporan: Jefri

Koran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!