Pj Bupati Mubar Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Indosultra.Com, Laworo – Pemerintah Kabupaten Muna Barat menggelar upacara hari lahir pancasila di halaman Kantor Bupati Muna Barat, sabtu(1/6/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Mubar La Ode Butolo menyampaikan beberapa poin penting, berkenaan tentang tantangan bagi seluruh elemen masyarakat dalam merawat anugerah Pancasila sebagai ideologi bangsa. Seperti yang disampaikan dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (RI), Yudian Wahyudi berikut ini.

“Perkembangan situasi global yang ditandai pesatnya kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa kita tidak mengalami disorientasi di masa depan”, ungkapnya.

Masifnya penggunaan smartphone dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dimanfaatkan secara bijak untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila, jelasnya.

Selain itu, Pj. Bupati Mubar juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian. Utamanya dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan kita hadapi dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis global yang terjadi, bangsa Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik. Keberhasilan ini tentu merupakan sumbangsih gotong-royong seluruh anak bangsa dengan ideologi pancasila sebagai fondasi dasarnya,” imbuhnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema ” Pancasila jiwa pemersatu Bangsa menuju Indonesia emas 2045″. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Semoga Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat menopang semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju adil, makmur, dan berwibawa di kanca dunia”, bebernya.

Laporan : La Bulu.

Koran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!