Dipimpin Bupati Konut, Semua Unsur Kompak Laksanakan Peringatan Hari Lahir Pancasila

Indosultra.Com, Konawe Utara – Peringatan Hari lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), dilaksanakan dengan menggelar upacara.

Bupati Konut, Ruksamin memimpin langsung upacara Hari Lahir Pancasila, bertempat di pelataran Kantor Bupati Konut.

Semua unsur mulai dari Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), TNI, Polri, hingga pelajar kompak mensukseskan upacara Peringatan Hari Simbolis Negara Indonesia itu.

Perintah Hari Lahir Pancasila bertemakan” Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Sebagai Inspektur upacara, Bupati Konawe Utara, Ruksamin membacakan teks pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi.

Dalam penyampaiannya, Pancasila menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Lanjut, sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong

Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Dalam arahannya Bupati Konut, Ruksamin mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.**(IS/ADV/B).

Laporan: Jefri

Koran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!