Kolaborasi Kokonuter Konut Dan Dinas Pariwasata Konut Gelar Bersih-Bersih Sampah Dalam Rangka Hari Bumi

Indosultra.Com, Konawe Utara – Komunitas Konawe Utara Kreatif (Kokonuter) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Konut menggelar aksi peduli lingkungan melalui gerakan bersih-bersih pantai.

Kegiatan yang berlangsung ini dalam rangka memperingati HARI BUMI (Earth Day) yang mengusung tema “Laut Bukan Tempat Sampahmu’’.

Program yang dilakukan yakni aksi Bersih–bersih sampah sepanjang pantai wisata Taipa.

Koordinator Kokonuter Konut, Seprin mengatakan, alasan peringatan Hari Bumi dite tempatkan di Pantai Taipa karena Pantai Taipa merupakan salah satu destinasi unggulan yang berada di kabupaten Konawe Utara. Namun, dinilai kondisinya akhir-akhir ini hampir di penuhi oleh sampah-sampah plastic.

Seprin menerangkan, bakit sosial uang digelar ini juga merupakan rangkaian acara dalam memperingati Hari Bumi 2024 yang diperingati pada tanggal 22 April 2024 lalu.

Hari Bumi dikatakan, wadah komunitas kreatif di Konawe Utara, Kokonuter dan Dinas pariwisata Konut menginisiasi kegiatan tersebut, sebagai momentum untuk menanamkan kesadaran betapa pentingnya menjaga lingkungan dan alam.

“Kita mengajak para masyarakat dan pengunjung untuk tidak membuang sampah plastiknya di laut karena laut memang bukanlah tempat pembuangan sampah. Selain itu juga, kami akan menginisiasi bagaimana konsep BANK SAMPAH di Desa Taipa bisa di terapkan nantinya,”ucap Seprin di Pantai Taipa, 12 Mei 2024.

Dia menambahkan, salan satu juga kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. Mendorong tindakan nyata dalam menjaga lingkungan. Memperkuat kolaborasi antara pemerintah, komunitas, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum untuk keberlanjutan bumi.

“Dan menjaga partisipasi luas dari semua kalangan untuk menjaga lingkungan dan alam,”jelasnya.

Earth Day Konawe Utara ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu – Minggu 11 – 12 Mei 2024 di Pantai Taipa.

Kegiatan yang berlangsung, melibatkan pemerintah, komunitas se-Sultra dan khususnya komunitas, mahasiswa, pelajar dan masyarakat se-Konut.

Susuan kegiatan dalam event ini diantaranya: Camping Ceria, pembersihan lingkungan, edukasi lingkungan serta pementesan seni dan budaya.

“Harapan kami sebagai panitia penyelenggara, dengan adanya kegiatan hari bumi ini yang salah satu aksinya adalah bersih – bersih pantai, banyak teman – teman relawan baik komunitas, organisasi, maupun individu untuk hadir bersama untuk bisa berkolaborasi melakukan kegiatan aksi bersih – bersih pantai di pantai Taipa,”ujarnya.

“Insya allah kedepannya kegiatan Hari Bumi ini akan kami adakan setiap tahunnya dengan konsep kegiatan yang berbeda dan lebih menarik lagi di bumi oheo ini,”tutup Serpin.

Menanggapi kegiatan yang berlangsung, Kepala Dinas Pariwisata Konut, Rias Aritman memberikan apresiasi besar atas kepedulian para pemuda-pemudi terhadap kelestarian lingkungan, terutama lokasi wisata.

Rias juga mengapresiasi program para Komunitas Pemuda yang tergabung dalam Kokonuter yang menginisiasi progam sosial bersih-bersih pantai, secara bersamaan – sama dan bergotong royong hadir untuk melakukan kegiatan positif yang dinilai menjadi conto baik untuk para generasi muda.

“Kami dari pemerintah tentunya terus mendukung, dan mensuport kegiatan-kegiatan positif dan sangat baik menurut kami yang dilaksanakan. Pemerintah, terkhusus kami dari Dinas Pariwisata akan selalu mendukung dan selalu bekerjasama untuk kita sama-sama jaga lingkungan kita, daerah kita, khususnya tempat-tempat wisata kita,”tukasnya.**(IS/ADV/B)

Laporan: Jefri

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!